Tempat Wisata Dumai, Riau top 9

Wisata Dumai - Dumai, sebuah kota di propinsi Riau ini adalah salah satu daerah dengan geliat ekonomi yang cukup maju. Kota terluas di Indonesia ini berjarak 188 kilometer dari ibukota propinsi Riau, Pekanbaru.

Kota Dumai menyimpan sejuta pesona keindahan yang tak terlukiskan, mulai dari keindahan alam, pesona budaya dan kearifan lokal yang membuat daerah ini layak menjadi tujuan wisata bagi Anda dan keluarga. Kota Dumai yang terletak di tepi pantai ini memiliki potensi pengembangan pariwisata seperti wisata alam, budaya dan belanja. 

Apa saja tempat-tempat yang menarik Anda kunjungi di Dumai. Berikut Bang Mamad mengajak Anda berkeliling ke sudut-sudut indah kota terluas ini.

1. Pantai Teluk Makmur


a photo by @igdumai via instagram
Jika Anda ingin menemukan pantai nan eksotis di Dumai Riau, pantai Teluk Makmur adalah pilihan yang tepat untuk Anda kunjungi. Pantai ini memiliki garis garis pantai yang dipenuhi dengan batuan besar. Pantai ini terletak di Sebelah Utara Kota Dumai, tepatnya di Jalan Mattahim Kelurahan Teluk Makmur Medang Kampai. Pantai ini memiliki suasana yang sangat indah di kala senja dimana Anda dapat menikmati indahnya langit senja dengan laut yang luas dari pondokan yang berada di sepanjang pantai.

2. Danau Bunga Tujuh


sumber : lancangkuning.com
Danau yang terletak di Jln. Soekarno Hatta, Kelurahan Bukit Batrem, Dumai, Riau. Danau ini memiliki panorama yang sangat indah di saat senja tiba. Di kawasan Danau Bunga Tujuh, pengunjung akan mendapati hamparan rumput yang menghijau dan danau yang dikelilingi pepohonan yang membuat danau ini terlihat begitu asri. 

Di tempat ini Anda dapat menikmati fasilitas berupa pondokan sebagai tempat peristirahatan untuk menikmati danau. Selain itu terdapat beberapa fasilitas bagi Anda yang ingin bermain air. Tempat ini layak Anda jadikan sebagai tujuan wisata bagi Anda yang ingin menikmati alam Dumai secara Gratis. 

3. Goa Pelintung


sumber : hendiebronies.blogspot.co.id/
Selanjutnya salah satu objek wisata alam yang bersejarah adalah mengunjungi Goa Pelintung. Goa yang terletak di Desa Pelintung, Kecamatan Medang Kampai, 35 km dari pusat kota Dumai ini berbentuk seperti bukit yang dinamakan Bukit Kerudung. 

Konon bukit ini menurut legenda masyarakat setempat adalah tempat penyimpanan harta karun oleh para bajak laut Siam yang berasal dari China Saigon, mereka menimbun goa itu dengan batu batuan dan tanah. Akhirnya goa itu menyerupai bentuk bukit yang menjulang. Dengan cerita tersebut gua ini seakan-akan menjadi magnet sehingga banyak wisatawan yang berkunjung ke Gua ini.

4. Hutan Wisata Dumai


a photo by @igdumai via instagram
Hutan Wisata Dumai adalah salah satu pilihan tepat bagi Anda pencinta objek wisata alam. Keindahan hutan yang terletak di tengah-tengah kota Dumai, persis di Bukit Jin kelurahan Bukit Timah, Kecamatan Dumai Barat dan Dumai Timur, 12 km dari pusat kota, dengan luas 44 hektare dapat dicapai dengan transportasi umum. Keindahan vegetasi pinus membuat hutan ini layak Anda jadikan tempat bersantai dan berfoto dengan latar belakang pinus yang indah.

5. Pantai Marina Indah Puak


a photo by @igdumai via instagram
Objek wisata yang baru di launching bulan Mei ini menjadi daya tarik yang selalu ramai dikunjungi masyarakat. Pantai Marina indah Puak terletak di Kecamatan Medang Kampai Kota Dumai. Pantai ini sangat indah dan dilengkapi berbagai wahana permainan air seperti Banana boot, fly fish, donat, mega mambo dan permainan lainnya serta 2 unit speed boat.
a photo by @igdumai via instagram



6. Pesona Indah Pantai Purnama


sumber :dumaipos.co
Salah satu tempat terbaik menikmati Dumai adalah menikmati senja di Pantai Purnama. Pantai yang terletak di kelurahan Purnama, Kecamatan Dumai Barat ini merupakan salah satu pantai yang menjadi destinasi wisata baru dan favorit di Dumai. 

Dengan berbagai fasilitas mulai dari saung-saung tradisional tempat beristirahat dan makan. Selain itu, pada bulan mei tempat ini dijadikan tempat festival layang-layang terbesar di Sumatera. Pesona pantai ini, layak Anda jadikan tempat untuk bersantai menikmati suasana nan romantis dan menjadi latar foto Anda selanjutnya.

7. Tapak Harimau Sakti


sumber : putridumai.blogspot.com
Salah satu situs sejarah yang dapat Anda kunjungi di Dumai adalah Tapak Harimau Sakti yang terletak di kelurahan Pelintung Kecamatan Medang Kampai sekitar 25 km dari pusat kota. Menurut legenda yang dipercaya masyarakat tapak ini adalah tapak harimau yang sakti yang mampu mengusir dan menghadapi musuhnya, hanya dengan sekali hentakan kakinya pada sebuah batu harimau tersebut bisa mengalahkan musuhnya. Berkunjung ke objek wisata ini akan menambah kesan perjalanan wisata yang berbeda ketika Anda berada di Dumai.
8. Masjid Raya Al Manan

sumber : dumaidigitalprinting.blogspot.co.id
Masjid agung kebanggaan masyarakat Dumai adalah salah satu objek wisata religi yang dapat Anda kunjungi. Masjid yang terletak di jalan Soekarno Hatta, Bagan besar ini merupakan sebuah masjid megah dengan arsitektur yang sangat indah. Masjid unik ini memiliki kubah yang sangat indah yang didominasi warna biru muda di sebagian bangunan. Dengan aksen biru-hijau di bagian kubah memberikan kesan kesejukan di tengah panasnya kota minyak ini. Masjid ini sangat layak untuk Anda jadikan sebagai tempat persinggahan Anda selanjutnya di Dumai.

Nah, itu dia pesona indah yang di miliki Kota Dumai. Potensi alam yang indah dan budaya yang luar biasa membuat perjalanan Anda begitu berkesan di Kota ini. Kota dengan geliat ekonomi yang begitu luar biasa. Mengunjungi kota ini akan menambah cakrawala Anda tentang keindahan Indonesia. 

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Tempat Wisata Dumai, Riau top 9"