Tempat Wisata Labuhanbatu Eksotis

Kali ini kita akan melihat indahnya tempat wisata yang ada di dua kabupaten yang bernama Labuhanbatu yaitu kabupaten Labuhanbatu yang ibukotanya Rantau Prapat dan Labuhanbatu Utara yang ibukotanya Aek Kanopan. Apa saja tempat-tempat paling menarik tersebut?. Berikut Bang Mamad akan mengulasnya untuk Anda. 

1. Pesona Air Terjun Linggahara

a photo by @bakpao via webgram
Air Terjun Linggahara juga dikenal dengan air terjun kembar dan air terjun baru oleh masyarakat setempat. Air terjun indah nan memukau pandangan ini layak Anda kunjungi karena merupakan objek wisata andalan di Labuhanbatu. Air terjun yang berada dalam kawasan hutan lindung ini memilik panorama nam menawan perpaduan dari keindahan alam dan dua air terjun yang saling berdekatan. 

Suasana sejuk dan asri akan menyambut Anda ketika menginjakkan kaki di gerbang lokasi menuju air terjun ini. Air terjun ini terletak di Lingkungan Makmur, Kelurahan Lobusona, Kecamatan Rantau Selatan. 

Di lokasi air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 20-30 meter ini, terdapat berbagai fasilitas yang akan membuat perjalanan wisata Anda menjadi semakin nyaman. Fasilitas tersebut seperti tempat duduk bagi Anda yang ingin bersantai, kolam pemandian, toilet serta pondokan tradisional. Dengan tiket sebesar Rp10.000, per orang dan biaya parkir Rp5.000,- Anda sudah dapat memasuki kawasan wisata yang asri ini.


Jika Anda ingin berkunjung ke tempat ini. Tak sulit untuk menemukan lokasinya. Letak objek wisata ini hanya berjarak 8 kilometer dari jalan by pass Rantauprapat. Ketika menginjakkan kaki ke air terjun ini, rasanya Anda merasakan suasana alam yang begitu menenangkan.

2. Pulau Sikantan di Tanjung Sarang Elang

sumber : pariwisatasumut.net
Mungkin cerita Malin Kundang sudah tak asing lagi bagi Anda. Ya, cerita tersebut begitu populer. Ternyata di Labuhanbatu juga terdapat sebuah tempat wisata yang memiliki cerita mirip dengan cerita Malin Kundang. 

Pulau Sikantan, itulah sebutan pulau mungil yang berada di tengah sungai Labuhan Bilik. Pulau yang terkenal dengan legenda si anak durhaka bernama Kantan. Pulau seluas sekitar sembilan hektare ini memiliki keindahan yang luar biasa. Meskipun, hanya dikelilingi sungai yang airnya tak terlalu jernih, pulau Sikantan memiliki pemandangan hijau pepohonan dan aktivitas masyarakatnya yang sangat menarik.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi pulau Sikantan, Pulau ini terletak di desa Sungai Merdeka, kecamatan Panai Tengah Kabupaten Labuhanbatu. Tak hanya menikmati panorama alam, di dekat pulau ini Anda juga dapat menikmati kuliner khas Labuhan Bilik yaitu sambal dan rebus ikan ‘’Gulama’’ tambah rebus daun ubi. Sederhana namun berkesan.

3. Pesona Air Terjun Jerry

a photo by @laburaku via instagram
Air terjun indah dengan air yang amat bening ini adalah sebuah destinasi wisata yang layak kamu kunjungi ketika berada di Labura. Air terjun ini terletak Pasar Lori Desa Pasang Lela, daerah pabrik perk.Berangir Kec Na IX-X Kab. Labuhanbatu Utara. Di tempat ini Anda bisa menikmati indahnya panorama alam yang hijau dan mandi di air terjun yang amat mempesona ini.

4. Pemandian Alami Air Terjun Londut

a photo by @laburaku via instagram
Tempat menarik selanjutnya di Labura adalah air terjun Londut yang terletak sekitar 20 km dari ibukota Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara. Air terjun nan mungil ini memiliki kolam pemandian yang asyik untuk Anda jadikan sebagai tempat alami berenang dan bermain air. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke air terjun ini, tetap selalu jaga kelestariannya dan jangan membuang sampah sembarangan.

5. Pesona Indah Pantai Monyet

a photo by @laburaku via instagram
Ini dia salah satu tempat terindah di Labura. Sungai Pantai Monyet ini begitu indah dan menakjubkan dengan tebing-tebing bebatuan tersusun rapi dan amat tinggi. Ini adalah tempat terbaik untuk melakukan cliff jumping. 

Pantai monyet ini terletak di Desa Padang Mahondang Labura, untuk menuju lokasinya jika Anda dari arah kanopan, Anda akan menemukan simpang padang mahondang masuk ke kanan. Simpangnya di samping gereja depan Koramil Aek Kota batu. Selanjutnya Anda lurus kedalam sekitar 10 menit, kemudian Anda akan bertemu perkebunan kelapa sawit. Selanjutnya sampai di dalam tanya warga atau karyawan kebun karena banyak sekali simpang menuju pantai monyet.

6. Keindahan Puncak Pamingke

a photo by @laburaku via instagram
Nah ini adalah salah satu puncak terindah yang ada di Labura. Pemandangan alam nan hijau ditambah udara nan sejuk menjadi perpaduan indah nan menenangkan Anda. 

a photo by @laburaku via instagram
Puncak indah ini sangat layak Anda jadikan latar belakang foto Anda. Lokasinya berada di Desa Kampung Yaman Kec. Aek Natas. 

7. Tebing Batu Napponol

a photo by @laburaku via instagram
Salah satu objek wisata yang amat menarik dan misterius di Labura adalah Tebing Batu Napponol. Objek wisata ini terletak di Desa Kuala Beringin. Untuk mencapai lokasi ini, Anda harus melakukan perjalanan sejauh 3 jam dari ibukota Labura, Aek Kanopan. Tempat yang  sangat indah dan asri ini, sangat cocok bagi Anda penyuka tantangan. 

8. Keindahan Bebatuan Kuala Hatapang

Kuala Hatapang benar-benar mempesona. Sungai dengan bebatuan yang tinggi ini membentuk sebuah lukisan alam yang mengagumkan. Tempat dengan aliran air yang amat jernih ini memang salah satu lokasi wisata yang indah di Labura. Aliran sungainya masih satu aliran dengan pantai monyet. Keindahannya sulit tergambarkan dengan kata-kata.

9. Pemandian Alami Pulo Bisky

a photo by @laburaku via instagram
Sungai dengan air yang amat cantik ini memiliki pesona yang tak terlupakan. Sungai ini menjadi pemandian alam terfavorit di Labura yang terletak di desa Simonis Kampung Pajak Kec. Aek Natas. Air jernih dengan bebatuan yang ada, membuat sungai ini terlihat begitu eksotis. Mengunjungi pulo Bisky akan meninggalkan sebuah kesan yang mendalam bagi perjalanan wisata Anda di Labura.

10. Pesona Alam Hadabuan Hill

a photo by @laburaku via instagram
Satu lagi tempat dengan view yang amat memukau adalah di Hadabuan Hill. Tempat yang kaya flora dan fauna ini memiliki puncak yang menawarkan keindahan dan pemandangan yang membuat mata Anda enggan berkedip sekalipun. 

Hadabuan Hill terletak di Kecamatan Na IX-X Labura, boleh dibilang tempat ini adalah surga tersembunyi di Labura. Hadabuan Hill sangat berpotensi bila dijadikan Hutan Ecotourism, yaitu wisata berbasis pelestarian hutan. Rasanya enggan pulang ketika sampai di puncak Hadabuan Hill

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Tempat Wisata Labuhanbatu Eksotis"