Tempat Wisata Sabang Yang Terkenal

Wisata Sabang Aceh - " Dari Sabang sampai Merauke, Berjejer Pulau-Pulau, Sambung Menyambung Menjadi Satu Itulah Indonesia ".

Penggalan lirik lagu tersebut tentunya begitu populer di telinga Anda bahkan sering Anda nyanyikan.  Dari lagu tersebut kita tahu bahwa sabang adalah garis terdepan negara kita Indonesia.

Sekarang, kita akan membahas tempat-tempat di kota yang eksotis dan romantis ini. Kota yang merupakan salah satu bagian dari propinsi NAD ini banyak memiliki tempat-tempat wisata begitu indah.

Berikut ini objek-objek wisata yang terkenal dengan julukan santai banget ini : 

1. Indahnya Air Terjun Pria Laot
a photo by @suwandichandraa via instagram
Sesuai namanya air terjun ini terletak di Desa Pria Laot, Kota Sabang, Propinsi Nanggro Aceh Darussalam.

a photo by @arif_rachman26 via instagram
Air terjun ini terletak 12 kilometer dari pusat kota Sabang atau memakan waktu tempuh sekitar 20 menit menuju Desa Pria Laot. Selanjutnya Anda perlu jalan kaki sejauh 1,5 kilometer menuju lokasi tepat air terjun ini berada.

a photo by @ayibintang78 via instagram
Air terjun ini berada di tengah hutan. Memang trekking ke air terjun ini cukup menantang. Akan tetapi jika Anda sampai ke lokasi, Anda akan merasa puas dengan pemandangan dan panorama air terjun yang begitu indah.

Air terjun Pria Laot memiliki kolam pemandian yang sangat tenang dengan lebar sekitar 10 meter dan dan kedalaman sekitar 1,5 meter. Dengan kondisi tersebut, Anda dapa berenang dengan leluasa dan cliff jumping dengan aman.

Untuk memasuki air terjun yang cantik ini, Anda tak perlu membayar. Namun, Anda harus membawa bekal yang cukup karena tak ada penjual makanan dan minuman di lokasi air terjun ini. Selain itu, jaga kebersihan tempat ini, jangan meninggalkan sampah bekal makanan Anda.

2. Keajaiban Pantai dan Bawah Laut Pulau Ibioh

a photo by @wahida_safria via instagram
Ini dia salah satu pantai favorit yang ada di Sabang bahkan Sumatera. Pantai Ibioh, sebuah pantai cantik yang berjarak 22 kilometer dari pusat Kota Sabang.
a photo by @adrian_halis via instagram
Meskipun garis pantai tidak terlalu panjang, pantai ini menawarkan pesona pasir putih dan keindahan air laut yang begitu luar biasa. Air jernihnya, membuat terumbu karang dan ikan-ikan terlihat jelas bagaikan gradasi surga yang ada di bawah laut.

Pepohonan dan bukit-bukit hijau menambah keindahan pantai ini. Di sore hari, Anda akan menikmati sunset dengan suasana yang begitu indah dan menenangkan. 

Selain itu, masyarakat sekitar pantai ini juga begitu ramah. Hal tersebut tentunya akan membuat perjalanan wisata Anda semakin menyenangkan.

Di pantai ini terdapat sebuah dermaga penyeberangan ke pantai nan cantik lainnya pantai Rubiah.

Untuk masuk ke lokasi pantai ini, Anda tak dikenakan biaya apapun alias gratis.

3. Pesona Pulau Rubiah

a photo by @anggiramadhani27 via imgrum
Pulau kecil tak memiliki penghuni ini adalah salah satu surga bawah laut yang ada di kawasan Pulau Weh. 

Pulau Rubiah adalah pulau yang memiliki terumbu karang dan ikan-ikan yang sangat eksotis. Ikan-ikan cantik seperti nemo, angel fish, dan lion fish akan mudah Anda temui di tempat ini.

a photo by @muttaqien_aqiem via imgrum
Anda dapat menyeberang ke pulau cantik ini dengan waktu tempuh sekitar 45-90 menit tergantung sarana transportasi apa yang anda gunakan. 
a photo by @dimstrest via instagram
Sesampai di dekat bibir pantai, Anda akan terkagum-kagum dengan terumbu karang dan ikan-ikan yang terlihat dari atas kapal. Begitu indah, tempat ini adalah surga untuk diving dan snorkeling.


4. Panorama Indah Gunung Berapi Jaboi

sumber : harian.analisadaily.com
Di Pulau weh ternyata juga terdapat gunung berapi yang memiliki kawah yang begitu indah. Gunung ini terletak di Gampoeng Jaboi berjarak 15 kilometer dari kota  Sabang.

Sesampai di tempat ini Anda akan terpesona melihat indahnya semburan air hangat di kawah gunung berapi yang masih aktif. Tak lengkap rasanya jika Anda tak berfoto-foto di tempat ini.

5. Sore yang Romantis di Sabang Hill

a photo by @jengnanda via instagram
Salah satu hal yang tak boleh Anda lewati di Sabang adalah menikmati Indahnya matahari terbenam di pulau paling barat Indonesia ini.

Sabang Hill merupakan sebuah hotel berbintang yang terletak di Teluk Sabang, lokasi tepatnya Jalan Sultan Iskandar Muda, Kebun Merica, Kota Sabang, Aceh.

Letaknya di atas bukit, membuat hotel ini memiliki view yang begitu indah. Keindahan hamparan laut dan sunset akan Anda nikmati ketika sore tiba. Begitu romantis dan nyaman.

Selain pemandangan yang begitu indah, kuliner di tempat ini juga luar biasa. Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menikmati suasana Sabang dengan nyaman, romantis dan mewah.

6. Tugu Nol Kilometer Indonesia

a photo by @sese.ch via instagram
Tugu ini dinamakan monumen kilometer 0 Republik Indonesia. Tak lengkap rasanya jika Anda berkunjung ke Sabang jika tidak mendapat sertifikat sebaga bukti telah tiba di titik nol Indonesia. 
a photo by @fauzi_ulpa via instagram
Wisata unik ini terletak di kawasan Hutan Wisata Sabang tepatnya di Desa Iboih Ujong Ba’u, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang. Berjarak sekitar 22 kilometer dari pusat kota sabang atau waktu tempuh kurang lebih setengah jam perjalanan.

Objek wisata ini dikelilingi hutan yang begitu indah. Merupakan kebanggaan tersendiri jika Anda dapat mengabadikan momen di Monumen Kilometer Nol ini.

7. Pasir Putih Pantai Sumur Tiga

a photo by @tittoagil via instagram
Pantai Sumur Tiga berada tak jauh dari Kota Sabang. Melalui Jl. Maemun Saleh hanya berjarak 4,1 kilometer. Sedangkan melalui jalan H Agus Salim Anda dapat berjalan kaki dengan waktu kurang lebih setengah jam perjalanan.

Pantai ini adalah pantai yang sangat eksotis. Di pagi hari Anda akan menikmati indahnya matahari terbit di ufuk timur berpadu indah dengan birunya air laut.

Garis pantai sepanjang 2 kilometer dengan lebar sekitar 15 meter membuat pantai ini sangat cocok sebagai tempat bermain pasir dan bersantai. Apalagi pasir putihnya begitu indah ditambah dengan lambaian nyiur yang ditiup angin sepoi-sepoi. uhh... Benar-benar syahdu.

Pantai eksotis ini juga memiliki keindahan bawah laut yang begitu eksotis yang membuat para penikmat wisata bawah laut menjadikan tempat ini sebagai salah satu tempat diving dan senorkeling wajib di Sabang.

Untuk fasilitas dan akomodasi di pantai ini terbilang cukup lengkap. Ada penginapan dan tempat makan yang membuat pengalaman wisata Anda menjadi nyaman.

8. Eksotisme Pulau Klah

sumber : tourtravelsabang.blogspot.com
Pulau yang terletak di sebelah barat pulau Weh ini, merupakan pulau yang begitu indah dan nyaman untuk tempat liburan Anda. 

Berada di pulau ini Anda akan merasakan suasana yang begitu tenang dengan suasana pantai yang begitu putih bersih. Alam awah lautnya begitu indah. Terumbu karangnya dan ikan-ikannya menakjubkan. Hal itu wajar karena letak pulau nan eksotis ini berada di sekitar perputaran dan pertemuan arus masuk dan arus keluarnya air Laut.

Untuk fasilitas dan akomodasi di pulau ini boleh dibilang cukup lengkap. Terdapat Bungalow dan beberapa penginapan yang membuat perjalanan wisata Anda terasa begitu nyaman.

9. Benteng Jepang
Terletak di Anoe Itam, Sukajaya, Kota Sabang. Objek wisata ini merupakan salah satu objek wisata sejarah yang ada di Kota Sabang. 
sumber : helloacehku.com
Benteng ini dinamakan Benteng Anoe Itam. Benteng ini berjarak 8, 2 kilometer dari pusat kota Sabang atau memakan waktu perjalanan sekitar 15 menit.

Sabang merupakan salah satu wilayah yang sangatstrategis, oleh karena itu terdapat banyak benteng di Kota Sabang. Hal tersebut membuat kota Sabang dijuluki kota Seribu Benteng. Salah satu benteng yang eksotis adalah benteng Anoe itam ini.

Posisinya yang berada di bukit dan menghadap ke samudera Hindia, Anda tidak hanya disuguhi benda-benda sejarah seperti benteng dan banker tetapi juga pemandangan alam yang begitu indah.

Fasilitas dan akomodasi cukup lengkap. Terdapat beberapa penginapan dan hotel di lokasi ini.
10. Danau Aneuk Laot

sumber : www.pulauwehaceh.com
Danau ini terletak di pusat atau tengah-tengah kota Sabang. Dari danau ini Anda dapat menikmati panorama hijau pepohonan dan menikmati indahnya vie sunset sambil bersantai di senja hari. Tempat ini layak Anda jadikan sebagai tujuan terakhir Anda untuk menikmati Sabang ataupun pulau Weh.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

1 Response to "Tempat Wisata Sabang Yang Terkenal"

Admin said...

banyak juga ya tempat wisata yang menarik di Sabang :)


cara pendaftaran cpns